otomotif

Modifikasi Lampu Belakang Jazz untuk Tampilan Lebih Gaya

Summary

Honda Jazz masih menjadi salah satu kendaraan favorit masyarakat, khususnya adalah para anak muda, karena ia memiliki tampilan yang begitu elegan. Ditambah lagi dengan performa mesinnya yang juga terkenal bagus apalagi untuk city car. Harga yang ditawarkan di pasaran juga […]

Honda Jazz masih menjadi salah satu kendaraan favorit masyarakat, khususnya adalah para anak muda, karena ia memiliki tampilan yang begitu elegan. Ditambah lagi dengan performa mesinnya yang juga terkenal bagus apalagi untuk city car. Harga yang ditawarkan di pasaran juga masih tergolong murah, sehingga banyak kemudian diantara masyarakat yang tertarik menjadikannya sebagai pilihan tanggungan mereka. Hanya saja meskipun tampilannya sudah bagus, masih banyak diantara pemilik mobil keluaran Honda ini yang tetap melakukan modifikasi, baik itu modifikasi kecil maupun besar.

 

Salah satu modifikasi yang dilakukan adalah dengan mengubah lampu belakang Jazz tersebut. Lampu memang termasuk komponen kendaraan yang paling sering mendapatkan sentuhan modifikasi. Karena tak dapat dipungkiri juga jika seandainya modifikasi pada komponen yang satu ini tidak memerlukan biaya yang mahal. Jika seandainya dibandingkan dengan komponen yang lainnya. namun jika dilihat dari segi hasilnya juga begitu nyata, tampilan akan langsung berubah drastis, juga meningkatkan nilai fungsinya.

 

Untuk Anda yang juga tertarik dalam melakukan modifikasi pada lampu bagian belakang kendaraan tersebut, tentunya banyak hal yang harus dipertimbangkan. Agar tak menyesal berikut ini tipsnya, yaitu:

 

  1. Ganti model lampu, penggantian model ini termasuk dalam jenis modifikasi yang paling sering dilakukan, karena memang hasilnya juga terbilang begitu bagus. Desainnya sendiri juga akan sangat berhubungan dengan kekuatan cahaya yang dihasilkan oleh lampu tersebut, apakah nantinya akan terang atau tidak. Jangan sampai nantinya nyala cahaya justru akan menjadi redup atau sebaliknya terlalu menyilaukan sehingga memberikan efek yang kurang nyaman, menganggu visitabilitas bagi pengguna jalan yang lainnya.
  2. Agar lebih gaya coba ganti dengan bohlam yang berkedip, jenis modifikasi ini juga paling sering dilakukan oleh pemilik kendaraan, dimana mereka sengaja mengganti bohlam biasa dengan yang bisa berkedip. Konsep yang satu ini dipilih agar mereka juga tak akan bosan. Banyak sekali dijual aksesoris lampu berkedip ini di pasaran.
  3. Pertimbangkan juga budgetnya, berbeda jenis modifikasi yang dilakukan, maka nantinya akan mempengaruhi besar kecilnya biaya yang harus Anda keluarkan. Untuk itu Anda hendaknya juga harus melihat isi yang ada dalam kantong. Jangan asal beli semua aksesoris lampu tersebut. Karena belum tentu semuanya ditawarkan dengan harga yang murah.
  4. Gunakan aksesoris yang berkualitas, banyak nyatanya masyarakat yang menyesal dalam melakukan modifikasi pada kendaraan mereka karena sembarangan di dalam memilih aksesoris yang disematkan. Hanya karena tawaran harganya yang murah maka dijadikan sebagai pilihan. Memang benar lebih hemat, namun ternyata sering kali hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi. Bahkan sering kali menyebabkan masakan baru pada kendaraan tersebut.
  5. Jangan sepelekan aturan lalu lintas yang ada, banyak kasus dimana modifikasi lampu ini justru menyebabkan masalah, yaitu terkena tilang oleh Polisi Lalu Lintas disebabkan modifikasi yang menyalahi aturan yang sudah ada. untuk itu hendaknya Anda juga mempertimbangkan aturan yang tertera pada Pasal 23 Nomor 55 tahun 2012 tentang Kendaraan, disana dijelaskan semuanya.

 

Itulah setidaknya beberapa hal yang patut untuk Anda pertimbangkan dalam melakukan modifikasi lampu belakang Jazz. Di satu sisi sebenarnya kegiatan modifikasi ini memberikan banyak manfaat positif, namun jika dilakukan sembarangan bisa saja menyebabkan masalah pada kendaraan Anda atau bahkan terkena tilang oleh polisi ketika digunakan berkendara di jalan raya.