kesehatan

Miliki Pola Hidup yang Sehat dengan Minum Air Hangat di Pagi Hari

Summary

Mengonsumsi air putih di pagi hari ternyata bisa menjadi pola hidup sehat yang memberi kita berbagai manfaat, lho! Apa saja, sih? Yuk, cek selengkapnya di bawah ini!   1. Dapat meredakan hidung tersumbat Secangkir air panas menghasilkan uap. Memegang secangkir […]

Mengonsumsi air putih di pagi hari ternyata bisa menjadi pola hidup sehat yang memberi kita berbagai manfaat, lho! Apa saja, sih? Yuk, cek selengkapnya di bawah ini!

 

1. Dapat meredakan hidung tersumbat

Secangkir air panas menghasilkan uap. Memegang secangkir air panas dan menghirup uap lembut ini dalam-dalam dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat dan bahkan meredakan sakit kepala sinus.

 

Karena Anda memiliki selaput lendir di seluruh sinus dan tenggorokan, minum air panas dapat membantu menghangatkan area tersebut dan meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penumpukan lendir.

 

Menurut sebuah penelitian tahun 2008, minuman panas, seperti teh, memberikan bantuan yang cepat dan tahan lama dari pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan kelelahan. Minuman panas lebih efektif daripada minuman yang sama pada suhu kamar. (1)

 

2. Dapat membantu pencernaan

Minum air membantu menjaga sistem pencernaan tetap berjalan. Saat air bergerak melalui perut dan usus, tubuh lebih mampu membuang limbah.

 

Beberapa percaya bahwa minum air panas sangat efektif untuk mengaktifkan sistem pencernaan.

 

Teorinya adalah bahwa air panas juga dapat melarutkan dan menghilangkan makanan yang Anda makan yang mungkin sulit dicerna oleh tubuh Anda.

 

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan manfaat ini, meskipun sebuah studi tahun 2016 menunjukkan bahwa air hangat mungkin memiliki efek menguntungkan pada pergerakan usus dan pengeluaran gas setelah operasi.

 

Sementara itu, jika Anda merasa ingin minum air panas membantu melancarkan pencernaan, tidak ada salahnya menggunakan air panas sebagai obat. (1)

 

3. Dapat meningkatkan fungsi sistem saraf pusat

Tidak mendapatkan cukup air, panas atau dingin, dapat memiliki efek negatif pada fungsi sistem saraf Anda, yang pada akhirnya mempengaruhi suasana hati dan fungsi otak.

 

Penelitian dari tahun 2019 menunjukkan bahwa minum air putih dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat, serta suasana hati.

 

Penelitian ini menunjukkan bahwa minum air meningkatkan aktivitas otak peserta selama aktivitas yang menuntut dan juga mengurangi kecemasan yang mereka laporkan sendiri. (1)

 

4. Dapat membantu meringankan sembelit

Dehidrasi adalah penyebab umum sembelit. Dalam banyak kasus, air minum adalah cara yang efektif untuk meredakan dan mencegah sembelit. Tetap terhidrasi membantu melunakkan tinja dan membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan.

 

Minum air panas secara teratur dapat membantu menjaga buang air besar Anda teratur. (2)

 

5. Membuat Anda tetap terhidrasi

Meskipun beberapa bukti menunjukkan bahwa air dingin adalah yang terbaik untuk rehidrasi, air minum pada suhu berapapun akan membantu Anda tetap terhidrasi

 

Institute of Medicine merekomendasikan agar wanita mendapatkan 78 ons (2,3 liter) air setiap hari dan pria 112 ons (3,3 liter) setiap hari. Angka-angka itu termasuk air dari makanan seperti buah-buahan, sayuran, dan apa pun yang meleleh.

 

Anda juga membutuhkan lebih banyak air jika Anda sedang hamil atau menyusui, melakukan aktivitas berat, atau bekerja di lingkungan yang panas.

 

Cobalah memulai hari dengan satu porsi air panas dan mengakhirinya dengan yang lain. Tubuh Anda pada dasarnya membutuhkan air untuk melakukan setiap fungsi penting, sehingga nilainya tidak dapat dilebih-lebihkan. (1)

 

6. Mengurangi menggigil kedinginan

Sebuah 2017 menemukan bahwa sementara respons alami tubuh dalam kondisi dingin adalah menggigil, minum cairan hangat dapat membantu mengurangi menggigil.

 

Subyek mengenakan pakaian yang diedarkan dengan air yang sedikit di atas titik beku, kemudian minum air pada berbagai suhu, termasuk hingga 126°F (52°C).

 

Para peneliti menemukan bahwa meminum air panas dengan cepat membantu subjek mengurangi pekerjaan untuk menjaga suhu tubuh mereka. Itu bisa berguna, catatan studi, untuk orang yang bekerja atau berolahraga dalam kondisi dingin. (1)

 

7. Meningkatkan sirkulasi

Aliran darah yang sehat mempengaruhi segalanya, mulai dari tekanan darah hingga risiko penyakit kardiovaskular.

 

Mandi air hangat membantu organ peredaran darah Anda – arteri dan vena – berkembang dan membawa darah lebih efektif ke seluruh tubuh Anda.

 

Minum air panas mungkin memiliki efek yang sama. Namun, ada sedikit penelitian bahwa ini efektif.

 

Sebagai bonus, kehangatan dari minum air panas atau mandi di malam hari dapat membantu Anda rileks dan mempersiapkan Anda untuk tidur nyenyak. (2)

 

8. Dapat menurunkan tingkat stres

Karena minum air panas membantu meningkatkan fungsi sistem saraf pusat, Anda mungkin merasa kurang cemas jika meminumnya.

 

Menurut sebuah studi tahun 2014, minum lebih sedikit air mengakibatkan berkurangnya perasaan tenang, puas, dan emosi positif.

 

Karena itu, tetap terhidrasi dapat meningkatkan suasana hati dan tingkat relaksasi Anda.(2)

 

9. Dapat membantu sistem detoksifikasi tubuh

Meskipun tidak ada bukti pasti air panas memiliki manfaat khusus dalam hal ini, sebuah studi tahun 2020 menemukan bahwa minum lebih banyak air dapat membantu melindungi ginjal sambil mengencerkan bahan limbah dalam darah.

 

Dan menurut Arthritis Foundation, air minum penting untuk membersihkan tubuh Anda. Ini juga dapat membantu melawan peradangan, menjaga persendian tetap terlumasi dengan baik, dan mencegah asam urat. (2)

 

Itu tadi penjelasan mengenai bagaimana minum air hangat di pagi hari dapat menjadi pola hidup sehat untuk kamu. Untuk mempermudah kamu memiliki pola hidup yang sehat inu  pastikan untuk selalu minum air berkualitas yang bakal jaga kondisi kesehatan kamu dan tingkat fokus kamu dalam melakukan pekerjaan. VIT merupakan salah satu pilihan yang paling baik untuk memenuhi kebutuhan air minum kita. Karena VIT, Proses pembotolan dan pengemasan dengan teknologi dan pengawasan mutu yang ketat.

 

Proses filtrasi terkontrol merupakan proses unik yang membedakan VIT dengan merek lainnya, dan VIT telah memenuhi standar ISO 9001* dan SNI 01- 3553-2006, serta menerapkan standar HACCP di semua pabrik.Sehingga sangat sehat dan berkualitas untuk teman kita dalam urusan air minum.

 

Jadi jangan malas untuk memulai pola hidup sehat, karena ada VIT yang memudahkan kegiatan kita.

 

Source:

  1. https://www.healthline.com/health/benefits-of-drinking-hot-water
  2. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3141427/inilah-sederet-manfaat-minum-air-hangat-setelah-bangun-tidur