Technology

Kenali Jenis-Jenis SSL Terbaik Sebelum Membeli

Summary

Secure Socket Layer atau SSL, merupakan sistem keamanan digital terbaik untuk website. Saat ini, ada cukup banyak tipe SSL terbaik yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan website yang kamu miliki. Namun, sebelum membelinya, kenali terlebih dahulu masing-masing tipe yang ditawarkan […]

Secure Socket Layer atau SSL, merupakan sistem keamanan digital terbaik untuk website. Saat ini, ada cukup banyak tipe SSL terbaik yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan website yang kamu miliki. Namun, sebelum membelinya, kenali terlebih dahulu masing-masing tipe yang ditawarkan provider.

SSL dibutuhkan untuk keamanan informasi dan data yang ada pada website. Terlebih jika web tersebut, digunakan untuk kepentingan bisnis. Agar tidak salah memilihnya, berikut penjelasan jenis-jenisnya:

1. Domain Validation (DV)

DV atau Domain Validation, merupakan Secure Socket Layer  yang tergolong paling murah. Selain itu, sertifikat SSL ini, juga sangat mudah digunakan. Pasalnya, sistem keamanan ini hanya divalidasi via email saja.

Syarat menggunakannya hanya cukup memiliki email yang sama digunakan untuk data domain pada WHOIS.

2. Organization Validation (OV)

SSL jenis OV, atau Organization Validation, cocok untuk validasi badan usaha atau organisasi yang berada di belakang nama domain yang sudah didaftarkan. Untuk membeli tipe yang satu ini, dibutuhkan persyaratan-persyaratan khusus.

Pertama-tama, kamu harus mempersiapkan persyaratan seperti beberapa dokumen pendukung legalitas organisasi atau usaha. Pastikan legalitasnya sesuai dengan hukum. Karena, legalitas ini, menjadi persyaratan utama pembelian SSL tipe OV.

3. Extended Validation (EV)

EV atau Extend Validation merupakan jenis terakhir yang harus kamu ketahui. EV merupakan sistem keamanan tertinggi untuk sebuah organisasi maupun perusahaan. SSL EV, dikategorikan ke dalam kelas premium. Artinya, perlindungannya jauh lebih baik dibandingkan dua jenis sebelumnya.

Website yang menggunakan sistem keamanan SSL EV, mudah dibedakan. Ciri yang paling kentara yaitu, terdapat green bar yang disertai dengan nama perusahaan pada kolom url di browser.

Untuk membeli SSL EV, pemilik web harus mempersiapkan persyaratan yang wajib dipatuhi. Adapun persyaratannya yaitu perusahaan harus berjalan minimal 2 tahun, memiliki dokumen perusahaan lengkap, memiliki data pendukung seperti tagihan listrik, KTP, Paspor, hingga alamat perusahaan yang jelas.

Perhatikan Jenis SSL Sebelum Membeli

Jika kamu berencana untuk membeli SSL, silahkan pelajari terlebih dahulu masing-masing jenisnya. Karena, jenis-jenis SSL harus disesuaikan terlebih dahulu. Jika website yang kamu miliki hanya sekedar blog pribadi, jenis Domain Validation sudah cukup untuk sistem keamanannya.

Namun, jika website digunakan untuk kebutuhan bisnis atau perusahaan, sebaiknya pilih SSL yang lebih menjamin. Selain itu, masing-masing jenis SSL, ditawarkan dengan harga dan fitur yang beragam.

Fitur Secure Socket Layer juga cukup bervarian. Ada fitur khusus untuk single domain, ada juga untuk multi domain dan beberapa subdomain. Silahkan sesuaikan dengan banyaknya domain yang kamu miliki. Jika memiliki satu domain saja, cukup memilih single domain yang lebih murah.

Namun, tetap perhatikan sistem keamanan yang tinggi apapun jenis website yang kamu miliki. Karena, website dengan sistem keamanan tinggi, bagus dimata Google atau SEO. Selain itu, situs dengan keamanan yang baik, juga bagus di mata customer dan para visitor website.

Jika website milikmu digunakan untuk berbisnis, pilihlah sistem keamanan yang lebih tinggi. Karena, sistem keamanan tinggi dapat melindungi semua data-data kartu kredit, hingga data pribadi customer.

Kesimpulan

Mengenali jenis-jenis SSL terbaik adalah cara efektif untuk mendapatkan sistem keamanan yang tepat untuk website. Selain itu, mengenalinya akan membantumu agar tidak salah dalam memilih sertifikat SSL yang cocok untuk website yang sedang dikembangkan.

Demikian informasi seputar jenis-jenis SSL terbaik. Dari penjelasan diatas, sedikit banyaknya kini kamu sudah tahu 3 jenis SSL yang biasa ditawarkan oleh provider. Silahkan pilih sesuai kebutuhan website yang kamu miliki.