kesehatan

Jarang Orang Tau, Ternyata Ini Manfaat Kunyit untuk Lambung

Summary

Kunyit merupakan salah satu bahan dapur yang dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Dimana untuk kebutuhan sehari-hari, kunyit dapat digunakan untuk bumbu masakan yang bisa Anda buat. Bahan ini dapat menjadi pewarna alami untuk membuat makanan lebih cantik dan berwarna. Selain […]

Kunyit merupakan salah satu bahan dapur yang dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Dimana untuk kebutuhan sehari-hari, kunyit dapat digunakan untuk bumbu masakan yang bisa Anda buat. Bahan ini dapat menjadi pewarna alami untuk membuat makanan lebih cantik dan berwarna. Selain itu, kunyit juga mempunyai manfaat untuk kecantikan. Anda dapat menggunakannya untuk berbagai hal, seperti dapat untuk menjadi masker wajah dan juga badan. Dengan menggunakan kunyit untuk kecantikan dapat untuk membuat kulit lebih cerah dan juga manfaat lainnya yang bisa didapatkan.

 

Selain untuk manfaat tersebut, kunyit juga dapat menjadi bahan herbal yang bermanfaat untuk kesehatan. Dimana beberapa manfaat yang bisa didapatkan adalah:

 

  1. Manfaat kunyit yang pertama adalah dapat untuk mengurangi rasa nyeri apabila mengalami nyeri sendi. Sehingga bagi yang mempunyai penyakit nyeri sendiri bisa memanfaatkan bahan ini agar bisa membuat nyeri sendiri berkurang.
  2. Manfaat selanjutnya adalah dapat dimanfaatkan ketika menstruasi. Bagi yang mempunyai nyeri menstruasi juga bisa memanfaatkan agar membuat perut nyeri yang dirasakan dapat tertahankan.
  3. Kunyit juga bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal dan ruam kulit.
  4. Kunyit juga bermanfaat untuk menghasilkan empedu sehingga akan membuat pencernaan lebih lancar.
  5. Kunyit mempunyai manfaat untuk mengatasi nyeri yang dirasakan ketika mengalami tukak lambung atau asam lambung.

 

Dengan berbagai manfaat untuk kesehatan di atas, maka kunyit memang merupakan salah satu bahan alami yang bisa disediakan di rumah. Dimana kunyit merupakan obat tradisional yang dapat mengatasi nyeri yang dirasakan karena beberapa alasan. Termasuk juga nyeri yang dirasakan karena mengalami asam lambung naik. Kunyit untuk lambung dapat digunakan sebagai obat alami yang dipilih karena mempunyai senyawa anti peradangan dan antioksidan untuk yang mengatasi asam lambung yang naik.

 

Kunyit mempunyai bahan yang dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah lambung. Dimana bahan yang bermanfaat untuk mengatasi hal tersebut adalah bahan aktif seperti curcumin dalam kunyit. Bahan aktif tersebut memang bermanfaat untuk kesehatan, karena merupakan antioksidan polifenol yang bermanfaat. Bahan tersebut merupakan antioksidan yang akan dapat menjadi antivirus, antibakteri, dan juga dapat untuk bermanfaat untuk mencegah kanker sebagai bahan antikanker.

 

Sebagai manfaatnya untuk lambung, belum ada penelitian resmi yang membahas mengenai fungsinya. Akan tetapi studi yang dilakukan menunjukkan bahwa kunyit mempunyai manfaat untuk dapat mengatasi asam lambung naik. Penelitian tersebut dilakukan pada 2007 dan mempunyai hasil bahkan asam lambung yang disebabkan oleh stress oksidatif dan peradangan dapat untuk diobati dengan kunyit. Karena kunyit mempunyai kandungan antioksidan dan antiinflamasi. Sedangkan penelitian pada 2011 menunjukkan bahwa kandungan curcumin juga dapat mencegah peradangan esofagus. Sehingga dengan kandungan ekstrak curcumin di dalam kunyit dapat untuk mengobati sakit asam lambung.

 

Untuk mengatasi asam lambung dengan kunyit ini tentunya dapat memperhatikan cara penggunaan yang tepat. Adapun untuk memanfaatkan kunyit untuk asam lambung adalah seperti berikut ini:

 

  • Pertama adalah Anda bisa memanfaatkannya untuk memasak atau dibuat minuman.
  • Anda juga dapat untuk mengkonsumsinya secara rutin sehingga akan mencegah asam lambung naik. Dimana apabila mengkonsumsi 1/2 sendok teh bubuk kunyit per harinya akan dapat untuk mengobati asam lambung. Karena sama artinya dengan mendapatkan dosis yang tepat yaitu 500 mg curcumin dalam 1/2 sendok teh bubuk kunyit.
  • Untuk membuat efeknya lebih baik, Anda bisa mencampurkannya dengan bahan alami lainnya, terutama lada hitam dengan dosis yang tepat.