Bisnis

Ini Yang Perlu Diperhatikan Saat Sewa Gudang Pendingin!

Summary

Gudang pendingin biasanya digunakan untuk menyetok produk-produk yang harus dibekukan. Salah satunya misal seperti daging. Banyak pengusaha daging yang memilih sewa gudang pendingin agar stok daging aman dan tidak cepat rusak. Hal ini tentu saja berlaku ketika Anda memilih warehouse […]

Gudang pendingin biasanya digunakan untuk menyetok produk-produk yang harus dibekukan. Salah satunya misal seperti daging. Banyak pengusaha daging yang memilih sewa gudang pendingin agar stok daging aman dan tidak cepat rusak.

Hal ini tentu saja berlaku ketika Anda memilih warehouse untuk stok produk makanan Frozen. Sebelum memilih gudang pendingin, maka anda harus perhatikan beberapa hal supaya daging ataupun bahan makanan lebih awet disimpan di gudang.

1. Jangan Cuci Daging

Yang pertama, tentu saja Anda harus menghindari yang namanya mencuci daging. Mencuci daging mentah sebelum melakukan pengolahan akan membuat daging rusak dan memiliki potensi tinggi untuk membusuk. Terlebih untuk daging yang dibilas air akan membuat aroma daging makin menguat.

Anda bisa memilih untuk membungkus daging dengan plastik yang bersih lalu letakkan pada wadah yang tepat. Setelah itu baru bisa di simpan di pendingin dengan pengaturan suhu yang tepat.

2. Perhatikan Pemotongan Daging

Sangat perlu untuk memperhatikan bagaimana cara pemotongan daging. Sebelum disimpan pada gudang pendingin, maka anda harus potong daging sesuai ukuran konsumsi. Bisa disesuaikan dengan ukuran potongannya sampai permintaan dari pihak konsumen.

Untuk potongan daging yang lebih kecil, maka akan mudah dicairkan saat diperlukan. Hal ini juga tidak akan membuat pembeli jadi terlalu lama menunggu. Untuk pemotongan daging yang lebih kecil Anda juga bisa menghemat tempat penyimpanan daging, tidak perlu menyewa yang besar karena sangat berpotensi boros listrik.

3. Letakkan Pada Wadah Kedap Udara

Saat akan menyimpan daging, maka langsung masukkan pada wadah yang kedap udara. Anda harus pastikan pembungkus plastik dan juga wadahnya dibuat dari bahan food grade. Sehingga bahan-bahan ini membuat daging tetap aman ketika akan dikonsumsi.

Anda juga harus perhatikan untuk jenis daging yang berkadar lemak tinggi. Soalnya ketika disimpan pada mesin pendingin akan mudah  kena freezer burn yang akan membuat daging jadi di selimuti kristal es.

4. Lakukan Pembekuan Suhu 0 Derajat

Saat membekukan daging maka perlu perhatikan suhunya. Anda harus bekukan daging dengan suhu di bawah 0 derajat Celcius, namun ada juga beberapa jenis daging yang dibekukan dalam suhu minus 18 derajat Celcius.

Penyimpanan daging pada lemari pendingin untuk stok daging yang banyak dengan penggunaan gudang, maka bisa menghambat tumbuhnya bakteri di dalam daging. Namun perhatikan pula waktu penyimpanan daging secara tepat, supaya ketika daging dicairkan kualitasnya tetap baik.

5. Perhatikan Proses Pencairan

Daging yang dipesan oleh para pelanggan tentu harus dicairkan terlebih dahulu sebelum sampai ke tangan pelanggan. Saat melakukan pencairan daging, sebaiknya lakukan di suhu yang lebih hangat. Tetapi sebaiknya tidak boleh meletakkan daging pada suhu ruangan langsung, karena akan membuat bakteri lebih cepat berkembang.

Pindahkan daging terlebih dahulu ke bagian luar freezer atau pada suhu yang lebih rendah. Kemudian tunggu daging mencair dan bisa diteruskan pada tahap selanjutnya.

 

 

Itu tadi beberapa tips untuk penyimpanan daging sebelum sewa gudang pendingin. Untuk anda yang membutuhkan gudang pendingin, maka bisa melakukan penyewaan di Shipper. Shipper akan memberikan harga terbaik untuk penyewaan gudang, untuk berbagai jenis usaha dan kebutuhan. Ditambah lagi ada berbagai layanan tambahan yang diberikan oleh Shipper agar bisa meningkatkan kepuasan pelanggan. Untuk informasi selanjutnya Anda bisa kunjungi Shipper.id.