ibu dan anak

Fungsi Kalkulator Kehamilan Dari SehatQ!

Summary

Seperti namanya, kalkulator kehamilan tentu identik dengan yang namanya ibu hamil karena alat ini memiliki fungsi untuk pengecekan kesehatan saat ibu sedang hamil. Namun tidak hanya itu saja, jika dijabarkan lebih panjang maka anda akan mengetahui bahwa kalkulator ini punya […]

Seperti namanya, kalkulator kehamilan tentu identik dengan yang namanya ibu hamil karena alat ini memiliki fungsi untuk pengecekan kesehatan saat ibu sedang hamil. Namun tidak hanya itu saja, jika dijabarkan lebih panjang maka anda akan mengetahui bahwa kalkulator ini punya banyak sekali fungsi.

Salah satunya yaitu dapat memantau berat badan anda ketika hamil. Lalu apalagi fungsi dari kalkulator kehamilan ini?

1. Hitung Usia Kehamilan

Fungsi utama dari kalkulator kehamilan tentu saja untuk pengecekan usia kehamilan seseorang. Seperti diketahui, masa kehamilan dihitung sejak masa pembuahan. Namun untuk hal ini, tidak banyak orang yang mengetahui bahkan para wanita saja tidak semua memahami hal ini.

Orang-orang khususnya para wanita tidak paham usia kehamilan yang sedang berjalan, dengan bantuan kalkulator ini sangat berguna saat hitung usia kehamilan. Cara penghitungannya juga sangat mudah yaitu bisa anda lakukan secara manual. Namun di zaman yang serba canggih seperti sekarang, Anda juga bisa menggunakan kalkulator kehamilan online. Salah satunya Anda bisa temukan pada website sehatq.com.

2. Menghitung Hari Perkiraan Lahir

HPL  atau hari perkiraan lahir bisa anda tentukan lewat kalkulator menghitung usia kehamilan ini. Anda bisa memanfaatkan kalkulator ini untuk mempersiapkan masa persalinan lebih baik lagi dan juga lebih matang.

3. Memperkirakan Berat Badan Naik

Kalkulator juga bisa anda manfaatkan untuk menghitung kenaikan berat badan yang biasanya terjadi secara signifikan saat ibu sedang hamil. Sebagian besar wanita yang hamil, akan mengalami kelebihan berat badan dengan cepat tanpa kontrol.

Dengan adanya kalkulator ini maka ibu bisa mengerem sedikit jika terjadi kenaikan berat badan agar berat badan anda tetap ideal atau normal. Karena jika berat Anda terlalu naik, cukup susah nantinya menurunkan berat tersebut saat sudah persalinan. Maka dari itu, tidak heran jika banyak wanita hamil yang ketika mengandung berat badannya naik.  Maka sesudah memiliki anak berat badannya tidak turun karena memang cukup susah menurunkannya apalagi jika kenaikan berat badan cukup drastis.

4. Ketahui Berat Badan Bayi

Tidak untuk berat badan calon ibu saja, kalkulator ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengetahui berat badan bayi. Kalkulator kehamilan bisa dipakai untuk memahami berat badan bayi. Sehingga jika berat badan calon bayi anda di bawah rata-rata, ibu jadi lebih cepat tahu dan paham untuk menambah asupan gizi. Hal ini tentu agar pertumbuhan bayi di dalam kandungan tetap sehat dan nantinya bayi yang dilahirkan juga tidak kekurangan berat badan.

5. Ketahui Kapan Awal Dan Akhir Trimester

Saat hamil maka ibu akan mengalami fase-fase cukup tidak mengenakkan di trimester kehamilan. Biasanya terjadi perubahan mood atau perubahan bentuk fisik dari tubuh. Untuk antisipasi maka anda bisa gunakan kalkulator kehamilan agar bisa menjaga kestabilan emosi.

Jadi sebelum perubahan mood terjadi, anda sudah bisa melakukan hal-hal yang meminimalisir emosi semakin naik saat hamil. Karena hal  ini jika dibiarkan  tentu tidak akan baik untuk kesehatan ibu dan bayi.

 

Kini tentu anda sudah tahu  fungsi dari kalkulator kehamilan yang tentu saja punya manfaat besar untuk ibu yang sedang hamil. Bisa dibilang, kalkulator ini memberikan banyak solusi pada para ibu hamil. Ingin menggunakan kalkulator ini secara online? Bisa kunjungi platform kesehatan keluarga Indonesia SehatQ. Di SehatQ tersedia fitur untuk pengecekan dengan kalkulator kehamilan. Kalkulator ini bisa anda manfaatkan untuk menghitung usia kehamilan, HPL, perhitungan hari pertama haid terakhir atau  HPHT dan juga rata-rata siklus haid.