properti

Cara Memilih Pipa PVC Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Summary

Pipa PVC merupakan salah satu jenis pipa yang dibuat dari bahan polivinil klorida. Pipa ini menjadi pilihan banyak orang karena dari segi harga terjangkau dibanding pipa dari bahan lain seperti aluminium dan seng. Pipa ini juga punya ketahanan yang bagus […]

Pipa PVC merupakan salah satu jenis pipa yang dibuat dari bahan polivinil klorida. Pipa ini menjadi pilihan banyak orang karena dari segi harga terjangkau dibanding pipa dari bahan lain seperti aluminium dan seng. Pipa ini juga punya ketahanan yang bagus terutama untuk asam alkali dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Pipa ini memiliki sifat nonkonduktor, punya berat yang lebih ringan dan juga anti terhadap karat.

Salah satu jenis pipa air ini dalam pemilihannya maka anda harus cermat. Alasannya adalah agar bisa menemukan yang sesuai dengan kebutuhan dan juga tetap awet digunakan bertahun-tahun. Namun sebelum itu simak dulu jenis-jenis PVC yang umumnya digunakan banyak orang.

 

Tipe Pipa PVC Yang Banyak Digunakan

  • Tipe AW, PVC tebak ini punya keunggulan yaitu tebal dan daya tekanan mencapai 10 kg/cm2. Pipa ini punya tekanan paling tinggi jadi cukup ideal bahkan bisa digunakan untuk pemakaian pompa air.
  • Tipe C, punya ukuran paling tipis dibanding yang lainnya. Pipa ini banyak dipilih untuk pelindung kabel listrik saja dibanding pipa saluran air.
  • Tipe D, sementara untuk pipa PVC yang satu ini punya ketebalan sedang dan sanggup menahan air sampai 5 kg/cm2. Kegunaannya bisa untuk berbagai kebutuhan saluran air rumah tangga.

 

Tips Dalam Memilih Pipa PVC

Pipa air dengan jenis PVC bisa anda pilih dengan mempertimbangkan beberapa tips berikut ini.

 

1. Cek Kekuatan Pipa

Pertama sekali harus dilakukan yaitu dengan mengecek kualitas dari pipa. pastikan sesuai dengan kebutuhan rumah Anda agar tidak perlu ada masalah kesalahan membeli pipa. jika hal ini terjadi maka akan membuat Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli pipa kembali. Bagi Anda yang memang langsung toko bangunan maka bisa mengecek kekuatan pipa. Namun juga membelinya secara online maka tanyakan secara detail kepada admin ataupun customer service tentang bagaimana ketahanan dari pipa tersebut.

 

2. Perhatikan Ukurannya

Pipa yang Anda pilih hendaknya punya ukuran yang pas. Anda bisa melihat panduan ukuran untuk  PVC sesuai kebutuhan. Apalagi jika membelinya di toko online, pastinya akan terdapat beberapa ukuran pvc yang bisa disesuaikan untuk kebutuhan rumah tangga. Jenis pipa juga penting untuk diperhatikan Karena beda saluran maka beda pula pipanya. Misalkan anda memiliki pipa untuk kamar mandi maka membutuhkan pipa dengan ketahanan panas paling sedikit 85 derajat celcius. Pipa untuk kebutuhan rumahan juga berbeda dengan pipa untuk kegiatan industri. 

3. Pilih Sambungan dan Perekat Yang Tepat

Tidak hanya pemilihan pipanya saja yang penting tapi juga perekat dan sambungan pipa. Fitting dan perekat sebaiknya pilih model dan juga merk yang sesuai dengan PVC yang Anda beli, baiknya juga tidak membeli di tempat terpisah. Baik PVC ataupun sambungan serta perekat pipa sebaiknya Anda membelinya hanya di toko terbaik yaitu Rucika.

 

 

Demikian beberapa tips dalam pemilihan pipa PVC yang umumnya banyak digunakan oleh orang-orang dan tersedia dimana saja. Agar anda bisa menemukan PVC terbaik hanya beli di toko Rucika saja jangan yang lain. Rucika memang paling direkomendasikan sebagai penyedia pipa dengan jenis apapun. Toko tidak perlu diragukan lagi kualitas pipanya. Terlebih Rucika juga memberikan harga yang terjangkau dengan kualitas yang tidak dikurangi sama sekali. Jadi untuk pembelian pipa saluran, sambungan pipa hingga perekat hanya pilih Rucika.