kesehatan

3 Tips Perawatan Luka Kanker di Rumah

Summary

Kanker merupakan penyakit yang tidak boleh dianggap remeh. Penyakit ini merupakan penyakit yang berbahaya tergantung dari level atau stadium yang dipunyai. Dimana untuk kanker stadium ringan akan lebih mudah untuk diobati dan mempunyai kesempatan lebih besar untuk bisa sembuh. Sedangkan […]

Kanker merupakan penyakit yang tidak boleh dianggap remeh. Penyakit ini merupakan penyakit yang berbahaya tergantung dari level atau stadium yang dipunyai. Dimana untuk kanker stadium ringan akan lebih mudah untuk diobati dan mempunyai kesempatan lebih besar untuk bisa sembuh. Sedangkan untuk yang mempunyai kanker stadium akhir akan bisa untuk mendapatkan berbagai perawatan dan jenis layanan yang lebih banyak dan membutuhkan banyak dana. Bagi Anda yang mempunyai penyakit ini juga harus berhati-hati, termasuk tidak untuk membuat luka. Bagi Anda yang mempunyai luka kanker tentunya harus diobati dengan baik. Adapun untuk beberapa tips perawatan luka kanker di rumah yang dilakukan adalah sebagai berikut ini:

 

1. Menyiapkan peralatan yang digunakan

Langkah pertama untuk memberikan perawatan luka kanker dengan mudah di rumah adalah dengan menyiapkan peralatan yang akan digunakan. Ketika mempunyai luka Anda bisa untuk memberikan perawatan yang dibutuhkan luka tersebut. Dimana bagi Anda yang mempunyai luka kanker yang bisa dirawat sendiri maka bisa untuk dilakukan secara mandiri. Akan tetapi ketika berada di area yang susah untuk ditangani sendiri maka bisa untuk meminta tolong kepada keluarga untuk memberikan perawatan yang tepat.

 

Langkah perawatan yang pertama untuk merawat luka kanker adalah dengan mempersiapkan alat. Persiapkan berbagai alat yang dibutuhkan untuk merawat luka tersebut. Sehingga setiap jenis luka dan juga tingkat keparahan tersebut akan membutuhkan peralatan yang berbeda. Akan tetapi untuk jenis alat yang dapat dipersiapkan untuk merawat luka kanker sendiri sangat mudah. Seperti dapat untuk mempersiapkan gunting, kasa steril, dan juga NaCi 0.9% yang paling penting. Untuk keamanan dan lebih steril persiapkan juga sarung tangan yang akan digunakan ketika melakukan perawatan luka kanker yang dipunyai. Anda bisa untuk mendapatkan berbagai peralatan tersebut dengan mudah di apotek.

 

2. Langkah perawatan yang tepat

Ketika sudah menyiapkan berbagai perlengkapan yang diperlukan, maka selanjutnya adalah dengan melakukan perawatan yang tepat. Anda bisa untuk melakukan perawatan yang mempunyai langkah tepat. Dimana untuk langkah perawatan pertama adalah dengan mengatur posisi luka sehingga akan mudah untuk dibersihkan. Hal ini akan sangat mempengaruhi kenyamanan sehingga pastikan mempunyai posisi yang mudah dibersihkan dan nyaman. Selain itu juga perlu untuk menyiapkan alat yang sudah distrerilkan. Pastikan untuk mencuci tangan dan juga tangan yang bersih sehingga dapat menghindari infeksi. Selain itu Anda juga bisa untuk menggunakan sarung tangan untuk melakukan perawatan luka kanker yang dipunyai.

 

3. Membersihkan luka

Setelah mempersiapkan hal tersebut, maka selanjutnya adalah dengan membersihkan luka yang dipunyai. Dimana untuk cara pertama adalah dengan mencuci luka kanker dengan menggunakan kasa. Kasa tersebut juga pastikan terlebih dahulu telah diberi NaCi 0.9 persen yang telah disiapkan. Bersihkan bagian luka tersebut dengan hati-hati, kemudian bisa untuk membersihkannya dengan kasa lainnya. Setelah luka sudah bersih dan steril maka bisa untuk memberikan perban pada luka tersebut.

 

Beberapa langkah di atas merupakan langkah perawatan luka di rumahCara untuk merawat luka kanker sendiri sebenarnya susah-susah mudah. Apabila Anda mempunyai pengalaman misalnya akan lebih mudah untuk melakukan pembersihan dan perawatan sendiri. Akan tetapi bagi Anda yang tidak mempunyai pengalaman tentu saja takut untuk mengambil resiko. Bagi Anda yang tidak bisa merawat luka kanker sendiri bisa untuk menggunakan jasa profesional untuk melakukan perawatan yang dibutuhkan. Baik dengan datang langsung ke rumah atau bisa untuk menggunakan aplikasi yang menawarkan perawatan luka.