tips dan trik

12 Jenis Tumbuhan Hidroponik, Jangan Asal Pilih

Summary

hidroponik ada beragam. Bahkan, jenis tumbuhan hidroponik ini menjadi salah satu komoditi yang banyak dibudidayakan oleh petani {modern|trendy|fashionable}. Hal ini tidak lepas dari penggunaan sistem tanam hidroponik yang sangat hemat tempat dan mudah dalam perawatannya.” {data|knowledge|information}-reactid=”12″>Liputan6.com, Jakarta Jenis tumbuhan hidroponik […]

hidroponik ada beragam. Bahkan, jenis tumbuhan hidroponik ini menjadi salah satu komoditi yang banyak dibudidayakan oleh petani {modern|trendy|fashionable}. Hal ini tidak lepas dari penggunaan sistem tanam hidroponik yang sangat hemat tempat dan mudah dalam perawatannya.” {data|knowledge|information}-reactid=”12″>Liputan6.com, Jakarta Jenis tumbuhan hidroponik ada beragam. Bahkan, jenis tumbuhan hidroponik ini menjadi salah satu komoditi yang banyak dibudidayakan oleh petani {modern|trendy|fashionable}. Hal ini tidak lepas dari penggunaan sistem tanam hidroponik yang sangat hemat tempat dan mudah dalam perawatannya.

hidroponik memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dengan jenis tumbuhan yang ditanam dengan cara konvensional.” {data|knowledge|information}-reactid=”{13|thirteen}”>Jenis tumbuhan hidroponik memang memiliki kriteria khusus, salah satunya proses penanaman tidak menggunakan tanah, namun diganti dengan air yang diberi nutrisi. Meski begitu, jenis tumbuhan hidroponik memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dengan jenis tumbuhan yang ditanam dengan cara konvensional.

hidroponik tersebut. Berikut ini jenis tumbuhan hidroponik yang Liputan6.com sudah rangkum dari berbagai sumber, Rabu (30/9/2020).” {data|knowledge|information}-reactid=”14″>Mengingat tidak semua tumbuhan bisa ditanam dengan menggunakan teknik hidroponik, maka penting bagi Anda memahami apa saja jenis tumbuhan hidroponik tersebut. Berikut ini jenis tumbuhan hidroponik yang Liputan6.com sudah rangkum dari berbagai sumber, Rabu (30/9/2020).Jenis Tumbuhan Hidroponik yang Pertama
Ilustrasi Daun Seledri Credit: pexels.com/pixabay

Lainnya1. Seledri

Seledri salah satu jenis tumbuhan hidroponik dari kategori sayuran yang sering ditemui. Jenis tumbuhan hidroponik ini memiliki bau yang khas serta kayak akan manfaat yang sangat banyak.

Biasanya seledri ditanam secara hidroponik dengan sistem sumbu atau wick. Selain penggunaan hidroponik sistem sumbu, seledri juga dapat ditanam dengan sistem hidroponik lain seperti rakit apung.

2. Tomat

Tomat juga merupakan salah satu jenis tumbuhan hidroponik yang mudah dibudidayakan. Namun, untuk menanam tomat secara hidroponik penting untuk diperhatikan sejak dari pemilihan bibitnya. Dengan memilih bibit unggul, maka akan lebih menguntungkan ketika panen.

Proses penyemaian bibit tomat ada baiknya menggunakan media seperti serbuk sabut kelapa. Kemudian dengan melakukan perawatan rutin selama satu bulan, barulah tomat siap ditanam menggunakan sistem hidroponik.

Jenis Tumbuhan Hidroponik Selanjutnya
ilustrasi bayam/Photo by chiara conti on Unsplash

Lainnya3. Bayam

Bayam bisa tumbuh cepat apabila dibudidayakan dengan sistem hidroponik. Asupan air ketika penggunaan sistem hidoponik juga lebih sedikit jika dibandingkan ketika menanam bayam dalam tanah. Selain itu, kandungan nutrisi bayam juga bisa meningkat jika menanam dengan cara hidroponik.

{4|four}. Sawi Hijau

Sawi adalah jenis tumbuhan yang dapat bertahan dari kondisi hujan. Hal ini menyebabkan sawi dapat tumbuh sepanjang tahun. Selain itu, sawi juga mudah untuk ditanam dengan kondisi lingkungan yang beragam.

Budidaya sawi terbilang menguntungkan, sebab sawi sangat laku di pasaran. Bahkan sudah banyak petani yang menggunakan teknik hidroponik untuk membudidayakan sawi.

Jenis Tumbuhan Hidroponik Sayuran
ilustrasi buncis/copyright unsplash/Neha Deshmukh

Lainnya5. Buncis

Jenis tumbuhan hidoponik ini banyak digemari anak-anak dan cukup terkenal karena kandungan gizi yang luar biasa, seperti vitamin A, B, C, dan protein. Petani di Indonesia sendiri juga sudah banyak yang membudidayakan buncis dengan cara hidroponik.

6. Brokoli

Brokoli dikenal akan berbagai kandungan nurtrisi yang diperlukan tubuh. Jenis tumbuhan hidroponik ini umumnya bisa tumbuh di dataran tinggi. Tapi, dengan menerapkan sistem tanam hidroponik, maka brokoli sangat memungkinkan untuk ditanam di dataran rendah.

Jenis Tumbuhan Hidroponik dari Buah-Buahan
Ilustrasi Buah Semangka Credit: pexels.com/pixabay

Lainnya7. Semangka

Ada beberapa langkah-langkah dalam penanaman semangka dengan hidroponik. Langkah tersebut bertujuan agar hasil panen dapat maksimal. Terutama mulai dari pemilihan bibit, proses penyemaian tanaman, penanaman, pemeliharaan, hingga proses panen ketika usia 2-{3|three} bulan setelah masa tanam.

{8|eight}. Melon

Sedangkan melon merupakan salah satu jenis buah juga bisa ditanam dengan hidroponik. Proses hidroponik melon dimulai dengan pemilihan bibit unggul, pembibitan, penyemaian, penanaman, pemberian larutan nutrisi, serta pemeliharaan hingga buah melon sudah siap dipanen.

Jenis Tumbuhan Hidroponik yang Mudah Dibudidaya
Photo by Suzy Hazelwood from Pexels

Lainnya9. Anggur

Anggur juga bisa ditanam dengan sistem bercocok tanam menggunakan hidroponik. Tapi tetap ada ada beberapa syarat yang penting diperhatikan agar anggur dapat tumbuh dengan {optimal|optimum}. Beberapa tersebut antara lain daerah yang kering dengan suhu derajat Celsius, lalu kondisi kelembapan udara persen, serta intensitas matahari yang intens sepanjang hari.

Biasanya anggur dapat tumbuh di daerah dengan ketinggian mdpl. Adanya perbedaan ketinggian dapat memengaruhi hasil pertumbuhan dan perkembangan anggur tersebut. selain itu, saat budidaya anggur, fase panen baru terjadi setelah hari sejak pembungaan. Ciri anggur siap panen yaitu warna yang merata dan butirannya mudah lepas.

10. Stroberi

Stroberi adalah jenis tumbuhan hidroponik buah yang dapat ditanam tanpa menggunakan tanah. Saat ini juga sudah banyak petani yang beralih menggunakan sistem bercocok tanam hidroponik. Sebab, penggunaan hidroponik dengan sistem tetes akan lebih mudah serta praktis dalam perawatannya.

Jenis Tumbuhan Hidroponik yang Terakhir
ilustrasi cabai/copyright Unsplash/Calum Lewis

Lainnya11. Cabai

Kemudian, tanaman cabai juga salah satu jenis tumbuhan hidroponik yang cukup sering dibudidayakan. Cabai juga merupakan jenis tanaman yang sangat laku di Indonesia. Bahkan permintaan cabai bisa meningkat ketika ada hari besar tertentu.

Tapi ada baiknya sebelum menanam cabai, penting untuk memilih bibit yang unggul, selain itu cara penyemaian yang benar, pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman, dan lain sebagainya.

12. Bawang Merah

Kemudian jenis tumbuhan hidroponik yang terakhir adalah bawang merah. Jenis tanaman ini mudah ditanam di dataran rendah atau sedang. Itulah mengapa menanam bawang merah di halaman rumah secara hidroponik juga sangat mungkin untuk dilakukan. Jenis sistem hidroponik yang cocok untuk menanam bawang merah adalah jenis hidroponik wick system.